Senin, 16 April 2018

Setup dan Instalasi Perangkat Lunak No 2 Paling WOW!!!!!!




     Right, berjumpa lagi dengan saya penulis yang selalu memberikan ilmu yang mungkin bermanfaat untuk anda semua, oke pembaca sekalian yang saya cintai dan saya hormati . Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Teks atau anda bisa melihat judulnya diatas.

Seperti yang kalian lihat, penulis disini akan memberikan informasi mengenai Setup dan Installasi Perangkat lunak. Langsung saja kita ke topik pembahasan.


1. Membaca Manual Instalasi setup


    Maksudnya apa sih, membaca manuall installasi setup? kok gak ngerti yak?

   Nah maksudnya tuh, kita ni harus membaca langkah - langkah atau tata cara atau yang harus kita lakukan agar kita bisa menginstall Software atau Aplikasi di komputer kita agar komputer bisa berfungsi dengan baik dan tampa mall fungsi apapun.


2. Koneksi Kendali ke Piranti


    Oke, yang dimaksud kendali ke piranti disini adalah bagaimana cara  sebuah perangkat lunak atau Software dapat mengendalikan sebuah hardware / perangkat keras. Contohnya seperti gambar illustrasi di atas, kita coba ibaratkan Avatar dijadikan sebuah software dan Api, Angin, Air, dan tanah adalah hardware. Maka si pengendali tersebut harus bisa mengendalikan hardware yang terpasang atau ada di sekitarnya dengan baik.

    Adapun contoh lain yang lebih real yaitu kita contohkan saja driver yang ada pada sebuh laptop. Tanpa sebuah driver perangkat - perangkat keras seperti WiFi Adapter, Soundcard, VGA Card, dll tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendali dari sebuah perangkat lunak.


3. Pengaturan Fungsi Jaringan


    Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). 

     Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut client dan yang memberikan/mengirim layanan disebut server. 

    Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

4. Pengaturan Peripheral Lain


    Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal. Peripheral terbagi menjadi 2 macam berdasarkan fungsi peripheral komputer tersebut, yaitu: 

  • Peripheral utama, yaitu perangkat keras atau hardware yang harus ada jika kita megoperasikan komputer sehingga peripheral ini tidak dapat dipisahkan dengan komputer utama, contohnya: mouse, keyboard dan monitor. 
  • Peripheral Pendukung, yaitu perangkat keras atau hardware yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer, sehingga peripheral ini merupakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kerja komputer, contohnya: printer, scaner, modem, dan lain-lain.

     Setiap peripheral mempunyai peran dan fungsi masing-masing sehingga saling membantu sama lain. Dari macam peripheral diatas dapat digaris bawahi bahwa setiap peripheral saling mendukung kerja satu sama lain antara komponen peripheral utama maupun komponen peripheral pendukung. sebagai contoh untuk melakukan perintah print pada printer maka diperlukan keyboard atau mouse untuk memasukan intruksi agar komputer dapat melakukan perintah print.

5. Melakukan Backup


Yang kelima ini sangat bermanfaat, yaitu melakukan backuo pada data - data yang penting pada komputer kita, disini saya mem backup pada Windows :
  • Anda akan membutuhkan sebuah alat yang mampu menyimpan semua data yang Anda perlukan untuk dibuat backup-nya. Alat ini sebaiknya minimal dua kali dari ukuran hard drive yang akan Anda buat backup-nya. Hard drive eksternal merupakan pilihan terbaik, dan mudah dicari. Anda bisa menggunakan Harddisk untuk mem-backup nya.
  • Dengan memakai kabel USB atau koneksi cara lain, hubungkan alat penyimpan dengan komputer yang ingin Anda back up. Memasukkan alat seharusnya secara otomatis akan memunculkan kotak dialog yang menanyakan apa yang ingin Anda lakukan dengan alat itu. Seharusnya ada pilihan untuk memakai alat itu sebagai backup data dan membuka File History. Pilihlah pilihan ini.
  • Pada keadaan di mana dialog ini tidak terbuka secara otomatis, Anda bisa membuatbackup secara manual dengan menelusuri Search dan mencari File History. Bagian ini juga bisa ditemukan melalui Control Panel.
  • Aturlah Advanced Settings. Setelah program terbuka, Anda mungkin ingin mengubah beberapa pengaturan pada bagian Advanced Settings, yang diakses dari sebelah kiri. Di sini Anda akan bisa mengubah seberapa sering komputer membuat cadangan, berapa lama file disimpan, dan berapa banyak ruang yang bisa digunakan.
  • Pilih drive backup. Setelah pengaturan selesai diatur, pastikan bahwa drive backupyang benar telah dipilih (drive eksternal seharusnya terpilih secara default).
  • Klik "Turn on". Setelah semua pengaturan sudah benar, klik "Turn on". Ini akan memulai proses back up. Ketahuilah bahwa backup pertama bisa membutuhkan waktu cukup lama dan Anda mungkin ingin memulai proses back up pada malam hari atau sebelum Anda pergi bekerja, sehingga Anda tidak perlu memakai komputer selama waktu tersebut. Dan begitulah: Anda selesai melakukannya!

     Oke itu saja informasi yang bisa saya bagikan kepada kalian, maaf bila ada kesalahan kata - kata yang saya gunakan pada saat menjabarkan informasi ini.
Lalu jika ada pertanyaan yang ingin anda tanyakan, silahkan tanyakan ke saya, email saya ada di Kontak Person.

Terimakasih Semua

See You !!!!!



0 komentar:

Posting Komentar