Sabtu, 01 Desember 2018

Konfigurasi Point to Point menggunakan Antena Grid - Mikrotik

Konfigurasi Point to Point menggunakan Antena Grid



Hallo readers yang saya hormati, sekarang kita akan mengkonfigurasi ptp tapi dengan router outdor dan antena pemancarnya. Point To Point merupakan koneksi sebuah komunikasi melalui jaringan wireless antara 2 titik, dengan 1 client dan 1 Access Point (pemancar).

Alat yang Digunakan :

  1. Laptop 2 buah
  2. antenna grid 433 2 buah
  3. kabel utp

Konfigurasi AP :
1. Setting Ip address dan buat Ip address yang pertama untuk Ip wlan dan kedua untuk Ip ethernet yang terhubung,

2. Berikutnya aktifkan jaringan wlan nya, yang ada pada wireless tables dengan klik ikon ceklist pada wlan yang tersedia,
3. Lanjut atur dalan jaringan wlan nya, karena ini AP maka mode yang dipakai ialah bridge. Ganti SSID untuk identitas jaringan kemudian ubah juga pada bagian security profile dengan security profile yang sudah dibuat. Jika sudah klik apply lalu ok.

4. Wlan sudah terbuat,
5. Untuk membuat security profile, silahkan menuju pada option security profile lalu klik ikon +
6. Kemudian pilih authentication types nya WPA PSK dan WPA2 PSK, kemudian beri key security nya pada kedua kolom seperti diatas, jika sudah klik apply lalu ok.
7. Berikut mya lakukan routing untuk bisa terkoneksi dengan client, klik ikon + lalu isi pada kolom Dst.Address dengan Ip network client dan isi gateway dengan Ip wlan pada client, klik apply dan ok setelah semua terisi.


Konfigurasi Client :

1. Buat Ip address sama seperti yang ada pada konfigurasi AP 
2. Aktifkan juga wlan yang ada pada wireless tables nya dengan klik ikon ceklist.
3.   Ubah mode wlan menjadi station bridge karena sebagai client, lalu klik scan untuk mencari AP yang ingin kita hubungkan,
4.   Klik start, kemudian pilih AP yang ingin kita hubungkan lalu tekan connect

5.  Setelah sudah discan, ubah radio name agar saat AP melihat registration bisa lebih mudah menemukan client mana yang terkoneksi. Security profile samakan dengan security pada AP. Jika sudah klik apply lalu ok.
6.   Buat security profile yang sama dengan AP 
7.   Lakukan kembali routing dengan menambahkan routing ke arah AP yang ingin terhubung. Untuk settingan nya sama dengan AP hanya saja IP nya saja yang diubah menjadi IP network AP dan gateway menjadi Ip wlan AP.



Test Ping AP ke CLIENT :



Test Ping CLIENT ke AP :



Oke See You !!!







0 komentar:

Posting Komentar