Kamis, 29 November 2018

Uji Band antara AP ke Client - Mikrotik

Uji Band antara AP ke Client


          Hallo readers yang saya hormati! now we akan mencari tahu apasih itu band dalam mikrotik? kalau yang sudah tahu, dan menurut kalian di artikel ini ada yang kurang lengkap, anda bisa tulis pengetahuan kalian dikolom komentar yang ada di bawah. 

          Oke readers langsung saja kita ke topik pembahasan kali ini, pertama akan saya bahas dahulu apa itu Band. Band merupakan mode kerja frekuensi dari suatu perangkat wireless. Apabila ingin menghubungkan dua perangkat, kedua perangkat harus di setting dengan band yang sama ataupun bisa berbeda asalkan antara frekuensi frekuensi tersebut memang support atau bisa di padukan.

          Nah, ada beberapa band yang terdpat di router atau perangkat dari Mikrotik ini, saya akan paparkan satu persatu, untuk sekerdar info di artikel ini saya akan menjelaskan band yang memiliki frekuensi 2Ghz saja, untuk frekuensi yang 5Ghz mungkin di artikel yang akan datang baru bisa saya jelaskan Band nya. Oke pada frekuensi 2 Ghz ini ada 6 mode frekuensi :
  1. 2Ghz - B
  2. 2Ghz - G
  3. 2Ghz - N
  4. 2Ghz - B/G
  5. 2Ghz - B/G/N
  6. 2Ghz - G/N
Nah ada 5 mode yang ada di frekuensi 2Ghz ini, untuk yang frekuensi 5Ghz itu ada 3 mode :
  1. 5Ghz - A
  2. 5Ghz - A/N
  3. 5Ghz - Only N
    Nah itu merupakan Band yang memiliki frekuensi 5Ghz.

               Oke langsung saja akan saya jelaskan satu persatu band-band terebut.

    1. 2Ghz - B
    Nah band ini bekerja di frekuensi 2,4Ghz dengan menggunakan protokol 802.11b dengan data rate maksimum 11 Mbit/s. untuk Band 2Ghz - B ini bisa di pasangkan dengan :
    Seperti yang terlihat pada gambar, jika kita di bagian router AP menggunakan frekuensi 2Ghz - B, maka bisa terhubung dengan Station yang memiliki atau di setting B, G, N, B/G, dan B/G/N. Tetapi kalau di Router station kita pasang frekuensi yang 2Ghz - G/N, maka tidak akan terhubung.

    2. 2Ghz - G
    Atau lebih di kenal 2Ghz - Only G, bekerja di frekuensi 2,4Ghz, hanya menggunakan protokol  802.11g.
    Nah kemudian untuk frekuensi Only G ini tidak bisa terhubung atau berhubungan atau tersambung dengan Station yang memasang atau mensetting B, tapi untuk frekuensi yang lainnya bisa terhubung dengan frekuensi Only G ini.

    3. 2Ghz - N
    Atau sering di sebutkan oleh orang - orang Only N ini bekerja di frekuensi 2,4Ghz, hanya menggunakan protokol  802.11n.
    Tetapi untuk frekuensi yang satu ini setengah dari frekuensi 2Ghz bisa terhubung dan ada yang tidak bisa terhubung dengan frekuensi ini, pada tabel diatas yang memiliki frekuensi B, G, dan B/G tidak bisa terhubung dengan frekuensi ini, sedangkan station yang memiliki frekuensi N, B/G/N dan G/N bisa terhubung dengan frekuensi Only N ini.

    4. 2Ghz - B/G
    Frekuensi ini juga bekerja di frekuensi 2,4Ghz. Menggunakan protokol 802.11b dan 802.11g. protokol 802.11g hampir sama seperti 802.11b akan tetapi melakukan transmisi dengan basis OFDM seperti 802.11a sehingga protokol 802.11g bisa mencapai 54 Mbit/s.
    Untuk frekuensi ini bisa terhubung ke hampir semua frekuensi yang ada di mode ini, kecuali dengan frekuensi G/N.

    5. 2Ghz - B/G/N
    Mode frekuensi ini bekerja di frekuensi 2,4Ghz. Menggunakan protokol 802.11b, 802.11g dan 802.11n. Pengembangan dari standart protokol 802.11, ditambah dengan kemampuan multiple-input multiple-output (MIMO). Dengan tambahan fitur MIMO ini, secara teori maksimal data rate yang bisa dicapai adalah 300 Mbit/s.
    Seperti deskripsi yang ada di gambar, frekuensi B/G/N ini hanya tidak bisa terhubung ke Station yang memiliki frekuensi G/N.

    6. 2Ghz - G/N
    Mode frekuensi ini bekerja di frekuensi 2,4Ghz,menggunakan protokol  802.11g dan 802.11n.
    Untuk Frekuensi G/N ini tidak bisa terhubung dengan station yang menggunakan mode frekuensi B.


    Kemudian setelah mode - mode frekuensi yang ada di atas itu, saya akan menambahkan artikel yang menurut saya penting ini, Apakah artikel bonus ini?
    Nah di artikel bonus ini saya akan memberitahu ke Readers ku yang sangat ku cintai, tentang beberapa tool yang bisa digunakan untuk melakukan scanning frekuensi, apa saja toolnya? mari kita lihat dibawah ini.

    Toll Scanning Frekuensi

    • Tool Scanner, double klik interface wlan > atur mode=station, band, dan frekuensi > klik scan .


    • Tool Snooper, double klik interface wlan > atur mode=station, band, dan frekuensi > klik snooper.

    • Tool Frequency Usage, double klik interface wlan > atur mode=station, band, dan frekuensi > klik Freq. Usage. 


    Oke itulah sedikit artikel yang bisa saya bagikan te readers readers semua, semoga artikel ini bisa membantu memecahkan masalah yang dihadapin, dan terimakasih

    See You !!!!

    0 komentar:

    Posting Komentar